About UGM
FEB UGM
LPPM UGM
DAA UGM
Webmail UGM
Webmail FEB

Peluang Karir Lulusan Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada

Oleh: Dewi Wulansari

Menjadi salah satu jurusan favorit di rumpun sosial-humaniora, jurusan akuntansi FEB UGM memiliki passing grade yang termasuk tinggi diantara jurusan lainnya. Itu artinya, peluang calon mahasiswa untuk diterima menjadi mahasiswa semakin kecil karena harus bersaing dengan puluhan pendaftar lainnya. Dengan tingkat kompetisi yang tinggi, mengapa masih banyak calon mahasiswa yang tertarik untuk masuk jurusan Akuntansi FEB UGM? Jawabannya bisa sangat bervariasi, misalnya karena bagusnya kualitas staf akademisi dan sistem pengajaran di FEB UGM, akreditasi internasional yang menjadi jaminan mutu bagi mahasiswa, dan peluang karir yang luas bagi lulusan jurusan akuntansi.

Tak bisa dipungkiri bahwa seseorang melanjutkan pendidikan tinggi di bangku kuliah (Sarjana) dengan harapan selain untuk meningkatkan ilmu dan kemampuan akademis, juga untuk memastikan dirinya memeroleh penghidupan layak yang ditentukan oleh karir atau jenis pekerjaan yang dimiliki. Bagi seorang lulusan atau alumni jurusan akuntansi, peluang karir sangat bervariasi, misalnya karir pada sektor publik, sektor swasta, ataupun sektor pendidikan. Contoh karir atau pekerjaan pada sektor publik diantaranya adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada berbagai departemen atau kementrian di Indonesia dan pegawai BUMN. Apapun jenis kementrian atau departemennya, pasti di dalamnya terdapat fungsi keuangan atau finansial yang membutuhkan pegawai dengan latar belakang pendidikan akuntansi dan keuangan. Sedangkan untuk sektor swasta, peluang karir lebih luas lagi, yang diantaranya terdiri dari perusahaan-perusahaan lokal maupun multi-nasional, kantor akuntan publik, kantor konsultan bisnis dan keuangan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan lainnya. Sementara itu, untuk sektor pendidikan, lulusan akuntansi FEB UGM juga dapat menjadi pengajar atau dosen, dan juga dapat menempuh pendidikan tinggi Master dan Doktoral.

Jurusan Akuntansi FEB UGM, selain memiliki kualitas pengajar dan sistem pembelajaran yang baik selama proses perkuliahan, juga memfasilitasi mahasiswanya pada tahap paska kelulusan. Jurusan Akuntansi FEB UGM menyediakan informasi tentang berbagai macam lowongan pekerjaan yang bisa diakses dari web resmi akuntansi.feb.ugm.ac.id. Selain itu, informasi lowongan pekerjaan juga terdapat pada papan-papan yang tersebar di lingkungan kampus FEB UGM. Dipercaya memiliki lulusan dengan kualitas tinggi, tidak sedikit perusahaan-perusahaan, kantor akuntan publik, kantor konsultan, maupun instansi pemerintahan yang bekerja sama dengan FEB UGM untuk mengadakan proses rekrutmen langsung atau campus recruitment. Selain pada media-media yang disebutkan di atas, FEB UGM juga memiliki perhatian khusus yang ditujukan untuk alumni dan pengembangan karir yaitu melalui alumni.feb.ugm.ac.id. Pada website ini, alumni FEB UGM dapat mengakses informasi yang kurang lebih sama kontennya dengan website jurusan akuntansi, yaitu mengenai lowongan pekerjaan, beasiswa, magang, dan campus recruitment. FEB UGM juga memberikan layanan alumni berupa legalisasi dokumen dan pemesanan produk akademik yang bermanfaat bagi lulusan jurusan akuntansi yang sedang mencari pekerjaan. Selain itu, terdapat juga info mengenai jaringan (network) alumni FEB UGM yang dapat mempertemukan alumni-alumni yang tersebar di berbagai daerah.

Tidak hanya sekedar informasi, terkadang, jurusan akuntansi FEB UGM melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntasi FEB UGM (IMAGAMA) sering mengadakan acara dan pelatihan untuk mengasah soft skill mahasiswa guna menghadapi dunia kerja, diantaranya seminar dan pelatihan wawancara atau interview, dan pelatihan table manner. Selain itu, IMAGAMA juga mengadakan kunjungan ke perusahaan-perusahaan dalam maupun luar negeri melalui program company visit yang bertujuan memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang dunia kerja.

Berbicara mengenai soft skill, mahasiswa akuntansi FEB UGM dapat mengasah berbagai macam soft skill-nya dengan mengikuti organisasi-organisasi kemahasiswaan pada tingkat fakultas maupun tingkat universitas. Pada tingkat fakultas, terdapat organisasi seperti misalnya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEB UGM, Equilibrium (jurnalistik), Shariah Economics Forum (SEF UGM), Jamaah Mahasiswa Muslim Ekonomi (JMME), Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi, dan juga Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam. Pada tingkat universitas, organisasi kemahasiswaannya lebih banyak lagi. Soft skill dan pengalaman organisasi menjadi penting karena merupakan salah satu poin yang menjadi pertimbangan seseorang diterima pada pekerjaan yang dilamarnya. Hal ini disebabkan, pada dunia kerja, dibutuhkan kerjasama tim (teamwork) yang baik antar staf; komunikasi yang efektif dan baik antara staf, atasan atau manajer, dan subordinate; dan penyelesaian atau solusi atas permasalahan yang timbul dalam pekerjaan; yang kesemuanya menuntut soft skills yang baik, dengan tidak mengesampingkan kemampuan akademik. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa jurusan akuntansi FEB UGM, untuk berprestasi pada bidang akademik dan memiliki IPK yang baik, tetapi jangan lupa aktif berorganisasi guna mendapatkan soft skill yang akan menjadi nilai lebih saat sudah lulus dan mencari pekerjaan. Meskipun menjadi seorang alumni atau lulusan jurusan akuntansi FEB UGM merupakan satu kekuatan dan keunggulan yang take for granted, pada akhirnya soft skill yang akan menjadi value added pada proses pencarian kerja dan membedakannya dari pencari kerja yang lain.

 

Tentang penulis:

Dewi Wulansari adalah alumnus Jurusan Akuntansi FEB UGM angkatan 2007. Karir terakhir adalah sebagai auditor di KAP PricewaterhouseCoopers.

 

Search
FEB UGM is accredited by

Who's Online

We have 5 guests and no members online